5 Manfaat Hijrah Finansial melalui Layanan Perbankan Syariah

Muhammad Hilmy Khoirun Nafi, Universitas Negeri Malang

Siapa nih yang sudah mulai tertarik dengan bank-bank syariah? apa masih ragu untuk mendaftarkan rekening pada akun syariah? Disini kita akan sedikit menulusuri tentang apa itu perbankan Syariah dan apa saja manfaat yang akan kita dapat apabila menggunakannya.

Ekonomi Syariah secara umum adalah sebuah ilmu ekonomi yang menerapkan hukum-hukum islam seperti Al-Qur’an, hadits, dan fiqih sebagai pedoman pelaksanaannya. Satu hal yang membedakan dari ilmu ekonomi konvensional adalah adanya batasan-batasan tertentu untuk menjaga setiap transaksi terlindungi dari kegiatan haram/dilarang oleh Allah SWT.

Dewasa ini sudah banyak lembaga keuangan perbankan dan non-perbankan di Indonesia yang mulai membuka produk-produk syariah sebagai layanan mereka. Hal tersebut dilakukan untuk memenuhi permintaan pasar, serta sebagai sarana bersaing dengan para kompetitor lain. Selain itu, pemerintah juga membuka lebar beroperasinya perbankan syariah dengan mendukung mereka melalui OJK dan LPS.


Pada tanggal 1 Februari 2021 sebuah lembaga bank syariah pertama di Indonesia terbentuk, yaitu Bank Syariah Indonesia. Peristiwa merger dari lembaga BUMN antara lain BRI Syariah, BNI Syariah, dan Bank Syariah Mandiri menjadi sebuah momen bersejarah akan lahirnya Bank Syariah Indonesia (BSI) sebagai role model perbankan syariah di Indonesia.

Selain BSI, salah satu bank terbesar di Indonesia yaitu BCA juga turut menghadirkan BCA Syariah untuk bersaing di kancah perbankan syariah. Selain itu juga terdapat Bank Muamalat, Bank Bukopin Syariah, Bank Mega Syariah, Bank Maybank Syariah Indonesia, dan masih banyak lagi lembaga perbankan syariah lain yang tersebar diseluruh tanah air.


Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan apabila menggunakan layanan bank syariah.

1. Terhindar dari Riba
Siapa yang tidak tahu riba? Riba adalah sebuah kegiatan yang dilarang oleh Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW secara tegas dalam kitab dan hadits. Singkatnya, riba adalah kegiatan dimana hasil pengembalian uang melebihi nominal uang yang dipinjamkan/diterima. Apabila kita mulai menggunakan layanan syariah, insyaallah kita akan terhindar dari dosa riba.

2. Sesuai dengan Syariat Islam
Bank syariah tidak lain adalah bank yang menggunakan syariat islam sebagai landasan utama operasional. Segala layanan yang disuguhkan oleh bank syariah pastinya harus menaati akad-akad yang ada dalam sistem perekonomian islam, contohnya pada akad jual-beli, simpan-pinjam, dan lain-lain. Apabila kegiatan kita sudah sesuai dengan apa yang Allah SWT perintahkan dan jauh dari larangan-Nya, maka apapun yang kita kerjakan akan diridhai oleh Allah SWT.

3. Telah Terjamin oleh LPS
Bank Syariah Indonesia, dan lembaga perbankan syariah lain telah terjamin keamanannya oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Nasabah bank syariah tidak perlu khawatir akan keamanan yang akan didapat apabila menabung dan berinvestasi di Bank Syariah. Jumlah tabungan yang dijamin oleh LPS sendiri senilai 2 milyar Rupiah.

4. Fitur Perbankan yang Modern
Fitur-fitur yang disediakan oleh lembaga perbankan syariah tidak kalah modern dari lembaga perbankan konvensional. Layanan seperti internet banking dan mobile banking telah disediakan oleh bank syariah untuk memberikan pelayanan yang terbaik pada para nasabahnya. Jadi kita semua tidak perlu khawatir akan fitur-fitur bank syariah akan kalah dari bank konvensional.

5. Layanan Unggulan Syariah
Bank Syariah memiliki beberapa keunggulan terhadap bank konvensional apabila berbicara tentang produk syariah. Produk syariah yang bisa kita manfaatkan antara lain tabungan haji dan umrah, tabungan kurban, wakaf, sedekah, simpan pinjam syariah, hingga deposito syariah.

Ternyata banyak juga manfaat apabila kita hijrah finansial dari perbankan konvensional ke perbankan syariah, jadi tidak perlu ragu lagi untuk segera mencoba. Bagaimana pendapat netizen nih tentang perbankan syariah di Indonesia? coba tulis di kolom komentar ya.