Kecekatan Call Center Ngalam 112 Tentukan Kecepatan Penanganan Kejadian

Operator Ngalam 112 melayani 24 jam. (ist) - Kecekatan Call Center Ngalam 112 Tentukan Kecepatan Penanganan Kejadian
Operator Ngalam 112 melayani 24 jam. (ist)

Malang, SERU.co.id – Pusat pengaduan atau layanan panggilan darurat sangat dibutuhkan     pasca kejadian. Kota Malang melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) mempunyai layanan panggilan kegawat daruratan ‘Ngalam 112’, efektif dalam kecepatan penanganan kejadian.

Kepala Diskominfo Kota Malang, Muhammad Nur Widianto S Sos mengatakan, pelayanan yang diberikan melalui Ngalam 112 oleh Diskominfo Kota Malang secara cuma-cuma selama 24 jam. Melayani panggilan kedaruratan di wilayah Malang Kota sewaktu dibutuhkan.

Bacaan Lainnya

“Kejadian di lapangan langsung dapat ditangani. Baik itu berkaitan kebakaran, kecelakaan, kebencanaan, dan kejadian kegawatdaruratan lainnya,” seru Muhammad Nur Widianto, Sabtu (19/6/2021). Ngalam 112 sudah berusia lebih dari satu tahun lebih sejak diperbantukan melayani masyarakat per bulan April 2020.

Di tahun 2020 ada sebanyak 422 kejadian laporan pengaduan dari masyarakat. Sementara, di tahun 2021 dari Januari hingga Mei tercatat laporan kejadian sebanyak 124 pengaduan. Pengaduan terbanyak tentang kecelakaan dengan jumlah 35 kasus, diikuti laporan tentang evakuasi hewan sebanyak 33 kasus.

“Sisanya berkaitan dengan permintaan ambulans, kebakaran, pohon tumbang, penemuan jenazah, kendala listrik, dan kejadian darurat lainnya,” beber pria yang pernah menjabat Kepala Bagian Humas Setda Kota Malang ini.

Masih menurut, Muhammad Nur Widianto, ada sebanyak 18 orang personel Ngalam 112 dengan memakai pola kerja shift. Shift pagi (pukul 05.00-13.00), shift siang (pukul 13.00-21.00), dan shift malam (pukul 21.00-05.00).

Para operator bekerja tanpa tatap muka dengan masyarakat yang ingin mengadukan, tidak tampak face to face, namun sangat membantu bagi warga Kota Malang. Selain cepat dan tepat dalam pelayanan, ditambah sikap yang ramah, sopan dan santun membuat situasi lebih nyaman.

“Selamat malam (menyesuikan) bapak/ibu. Kami dari Layanan Kedaruratan Kota Malang atau Ngalam 112. Ada yang bisa kami bantu? Laporan bapak/ibu segera kami teruskan untuk ditindaklanjuti. Terima kasih informasi dan laporannya, semoga bapak/ibu sehat selalu. Selamat malam (menyesuaikan),” suara petugas operator Ngalam 112 dari sudut Ngalam Command Center (NCC) Balai Kota Malang. (jaz/rhd)


Baca juga:

disclaimer

Pos terkait