Jakarta, SERU.co.id – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata), PT Smartfren Telecom Tbk (Smartfren) dan PT Smart Telcom (SmartTel) secara resmi mengumumkan merger strategis bernama PT XLSmart Telecom Sejahtera Tbk (XLSmart). Dengan nilai transaksi mencapai Rp104 triliun (US$6,5 miliar), merger ini menjadi salah satu yang terbesar di sektor telekomunikasi Indonesia, sekaligus menandai langkah signifikan menuju akselerasi ekonomi digital nasional.
Merger ini menciptakan entitas gabungan yang memiliki skala besar, kekuatan finansial dan keahlian untuk memperluas konektivitas digital di seluruh Indonesia. Dengan basis pelanggan gabungan mencapai 94,51 juta dan pangsa pasar 27 persen, XLSmart berkomitmen mempercepat implementasi 5G, memperbaiki kualitas jaringan dan menghadirkan layanan telekomunikasi yang lebih inovatif bagi konsumen.
Axiata Group Berhad (Axiata) dan Sinar Mas akan menjadi pemegang saham pengendali bersama, masing-masing memegang 34,8 persen saham XLSmart. Struktur ini diharapkan memberikan keseimbangan dalam pengambilan keputusan strategis. Dengan fondasi keuangan kuat, XLSmart memiliki potensi menjadi pemain utama mendorong pertumbuhan teknologi digital di Indonesia.
Group CEO Axiata Group, Vivek Sood menegaskan, merger ini merupakan langkah penting untuk menjembatani kesenjangan digital di Indonesia.
“Kami ingin menciptakan masa depan yang lebih inklusif bagi masyarakat dan bisnis di seluruh Indonesia. Begitu juga memberikan nilai lebih bagi pemegang saham,” seru Vivek.
Sementara itu, Chairman Sinar Mas Telecommunication and Technology, Franky Oesman Widjaja menambahkan, merger ini merupakan simbol kolaborasi untuk mendorong transformasi digital yang lebih luas.
“Prinsip kami adalah bersatu untuk mencapai tujuan yang lebih besar. XLSmart adalah refleksi dari komitmen jangka panjang kami terhadap Indonesia,” jelasnya.
Merger ini diharapkan selesai pada paruh pertama 2025 setelah mendapatkan persetujuan regulator dan pemegang saham. Selama proses integrasi, semua pihak berkomitmen untuk memastikan transisi yang mulus tanpa mengganggu layanan pelanggan. (aan/ono)