Jakarta, SERU.co.id – Grup idol Korea Selatan, Blackpink yang beranggotakan Lisa, Jennie, Rose dan Jisoo, masih menjadi perbincangan hangat di seluruh dunia. Meski belum lama ini meluncurkan lagu ‘How You Like That’ pada 26 Juni lalu, Blackpink telah berhasil memecahkan sejumlah rekor.
Video klip Blackpink telah ditonton lebih dari 280 juta kali dalam dua minggu. Sehiingga Blackpink berhasil mempertahankan posisinya di Hot 100 Billboard, untuk bersaing dengan para musisi internasional di dunia. Blackpink juga menguasai chart Spotify dan iTunes di 60 negara, dan membuka pasar musik di Amerika.
Rekor yang dicapai Blackpink tak lepas dari dukungan penggemarnya, BLINK. Keberhasilan Blackpink di dunia internasional juga didukung dengan rencana promosi secara global. YG Entertainment merupakan perusahaan yang menaungi Blackpink, telah menandatangani kontrak dengan Interscope Records. Ini membuktikan, perpaduan antara Korea Selatan dan Amerika Serikat, terlihat jelas dalam setiap promosi Blackpink.
Pakar industri musik menyatakan, kunci kesuksesan Blackpink tak hanya karena image anggota yang kuat dan unik atau fanbase penggemar yang kuat. Menurut editor senior berita Billboard, Anna Chen mengungkapkan, wujud dari kekuatan empat member adalah mereka sangat jelas dalam memainkan peran masing-masing di grupnya.
Selain itu, editor senior fitur cetak Billboard, Nolan Feeney menjelaskan, kesuksesan mereka juga dari lirik lagu yang mudah dinyanyikan bersama. “Salah satu faktor terbesar adalah bahan keinginan untuk dominasi global tampaknya dimasukkan ke dalam proses penulisan lagu,” sebut Nolan.
Peran besar perusahaan YG Entertainment juga tak bisa dilepaskan dari Blackpink. Tak hanya sebagai label rekaman dan produksi musik, YG Ent juga menjalankan perusahaan termasuk industri pakaian dan merek kosmetik. Blackpink tentunya menjadi aset berharga bagi YG Ent. Terlihat saham YG mengalami peningkatan, setelah Blackpink muncul dengan lagu terbarunya tersebut. (rla/rhd)