Antisipasi Musim Hujan dan Cuaca Buruk, Pj Walikota Batu Terbitkan SE

Antisipasi Musim Hujan dan Cuaca Buruk, Pj Walikota Batu Terbitkan SE
Citra Satelit BMKG. (ist)

Batu, SERU.co.id Pj Walikota Batu menerbitkan Surat Edaran (SE) bernomor: 360/3445/422.206/2023, tentang Kesiapsiagaan mengantisipasi Musim Hujan 2023-2024 di Wilayah Kota Batu.

SE ini diterbitkan sebagai antisipasi datangnya musim hujan sekaligus mengurangi dampak negatif yang mungkin saja terjadi.

Bacaan Lainnya

Di dalam SE tersebut, Pj Wali Kota Batu membagi tugas untuk seluruh Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, Kepala Desa/Lurah se Kota Batu untuk melakukan langkah-langkah yang telah ditentukan.

Diantaranya, seperti mengikuti akses informasi terkini terkait kondisi cuara. Disarankan untuk mengakses sosial media dan website juanda.jatim.bmkg.go.id atau @infobmkgjuanda.

Pj. Wali Kota Batu dalam SE-nya juga menginstruksikan agar kepala pemerintahan di masing-masing tingkat wilayah, bersama dengan masyarakat melakukan pembersihan dan monitoring saluran air. Tujuannya agar tidak terjadi penyumbatan air yang mengakibatkan banjir.

Selain itu juga melakukan pengecekan kondisi lereng/tebing khususnya yang berada di tengah permukan.

Antisipasi Musim Hujan dan Cuaca Buruk, Pj Walikota Batu Terbitkan SE
Surat Edaran Wali Kota Batu tentang Antisipasi Musim Hujan. (ist)

“Melakukan Siskamling pada saat dan sesudah terjadinya hujan lebat pada lereng/tebing, dan saluran air/sungai yang diperkirakan berpotensi longsor atau banjir,” serunya.

AAP, sapaannya, dalam isi SE itu juga memerintahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu untuk menyiapkan pos komando siaga darurat, melibatkan perangkat daerah, kecamatan, TNI, Polri dan relawan. Dalam SE tersebut juga menugaskan Camat dan Kepala Desa/Lurah untuk melaksanakan kegiatan bersama warga membersihkan saluran air dan menjaga kebersihan di lingkungan sekitar.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) juga diminta untuk memantu kondisi drainase/sungai dan mengambil langkah antisipatif terjadinya genangan banjir.

Baca juga: Pj Wali Kota Batu Senam Bersama Remaja, Peringati Hari AIDS Sedunia

Tak kalah penting, BPBD Kota Batu diminta untuk melakukan monitoring daerah rawan bencana dan mengambil langkah kesiapsiagaan menghadapi terjadinya bencana banjir/longsor.

Serta mengkoordinasikan pembentukan Tim Terpadu Penanggulangan Bencana. Termasuk memaksimalkan jaringan komunikasi dan membentuk Pos Komando Siaga Darurat.

“Dengan memahami potensi banjir akibat hujan yang tinggi, kami berkomitmen untuk melakukan pemeliharaan rutin pada saluran air kota sepanjang musim hujan. Ini termasuk membersihkan saluran air, selokan, dan drainase untuk memastikan aliran air yang lancar dan mengurangi risiko banjir,” tutur Pj Wali Kota Batu.

Baca juga: Penghujung 2023, Pj. Wali Kota Batu Rotasi Sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama

Kepala Perangkat Daerah, Pimpinan Instansi/Lembaga, Pimpinan Badan Usaha Lainnya diminta juga untuk berperan aktif mendukung surat edaran ini. Dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi musim hujan tahun 2023-2024.

Partisipasi masyarakat dan koordinasi dengan pihak terkait untuk memastikan implementasi yang efektif dari langkah-langkah antisipasi musim hujan.

“Melalui kampanye informasi dan edukasi, akan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang resiko banjir sekaligus langkah-langkah pencegahan yang dapat diambil. Utamanya melalui pemberitahuan melalui desa/kelurahan dan media sosial, akan memberi pemahaman warga sejak dini untuk mengambil tindakan pencegahan,” pungkasnya. (dik/mzm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *