Museum Angkut Batu Poles Wajah Wahana Edukasi Toyota Terrace

Pimpinan Toyota-Astra berfoto dengan pemenang Toyota Dream Car Art Contest (TDCAC). (ist) - Museum Angkut Batu Poles Wajah Wahana Edukasi Toyota Terrace
Pimpinan Toyota-Astra berfoto dengan pemenang Toyota Dream Car Art Contest (TDCAC). (ist)

Batu, SERU.co.id – Museum Angkut dan brand otomotif Toyota sudah menjalin kerja sama sejak 2017 lalu dalam bidang wisata edukasi. Pertengahan 2023, tepatnya 4 Juli 2023, diadakan peresmian area Toyota baru di Hall Museum Angkut, Jawa Timur Park Group.

Manager Public Relations dan Marketing Jawa Timur Park Group, Titik  S. Ariyanto mengatakan, area yang ada sejak 2018 ini mulai di-upgrade kembali oleh tim Toyota. Pada tahun 2023 ini, Toyota resmi merevitalisasi booth di Museum Angkut dan diberi nama Toyota Terrace (inTERactive gReen spACE), mengusung “Fun Education and Entertainment.”

Bacaan Lainnya

“Terdiri dari 7 zona, yaitu Eco-Safety Driving Simulator, Eco Mobility Vision, Waste Sorting Hub, Traffic Safety Education, Drive-in Photo Box, Color Your Car dan Car Puzzle,” seru Titik, sapaan akrabnya.

Titik menjelaskan, Eco-Safety Driving Simulator merupakan simulasi mengendarai mobil ramah lingkungan. Pengunjung bisa merasakan pengalaman langsung mengendarai mobil bertenaga bensin ataupun hybrid. Harapannya, pengunjung bisa merasakan perubahan perilaku (behavior) dan pola pikir (mindset) setelah melakukan simulasi tersebut.

“Kalau Eco Mobility Vision merupakan gambaran tentang perubahan iklim di dunia. Dan langkah kecil yang dilakukan Toyota Indonesia untuk ikut berkontribusi menyelamatkan bumi,” ujarnya.

Jajaran pimpinan Toyota-Astra Motor dan Jatim Park Grup berfoto di Waste Station, Museum Angkut Batu. (ist) - Museum Angkut Batu Poles Wajah Wahana Edukasi Toyota Terrace
Jajaran pimpinan Toyota-Astra Motor dan Jatim Park Grup berfoto di Waste Station, Museum Angkut Batu. (ist)

Titik juga menuturkan, Zona Waste Sorting Hub merupakan edukasi tentang cara pemilahan sampah. Harapannya, pengunjung dapat mengurangi pembuangan sampah/limbah di tempat pembuangan akhir, sehingga ikut berkontribusi pada pengurangan karbon. Zona selanjutnya, Traffic Safety Education yang merupakan edukasi tentang keamanan berkendara.

“Para pengunjung dan anak-anak pada khususnya, sedari dini mendapat informasi yang benar mengenai keselamatan berkendara,” imbuhnya.

Zona ke-5 adalah Drive-in Photo Box yakni area self photo (selfie) dengan beberapa pilihan tematik dan tema yang menarik. Zona selanjutnya, Colour Your Car yang merupakan dream car imagination area. Para pengunjung terutama anak-anak bisa mewarnai mobil mereka sesuai apa diinginkan, dan hasilnya bisa ditampilkan di layar.

“Zona terakhir adalah Car Puzzle yang merupakan area fun games, dimana pengunjung bisa menyusun puzzle berbentuk mobil,” tukasnya.

Sementara itu, Staf Ahli Jawa Timur Park Group, Ronny Sendjojo menambahkan, Toyota juga memperkenalkan program tempat pembuangan sampah (waste station) di Museum Angkut. Program Waste Station Toyota terintegrasi dengan aplikasi.

“Rekosistem dengan fitur Drop-In (Setor Sampah). Fitur ini memudahkan dan mendorong user untuk mengumpulkan/mengirim sampah anorganik ke stasiun sampah Rekosistem terdekat. Setiap sampah anorganik yang disetor, akan mendapatkan reward berupa koin e-wallet,” ujarnya.

Dengan berjalannya program tersebut, pihak Manajemen Jawa Timur Park Group berterima kasih kepada Toyota yang mengupgrade area menjadi lebih interaktif. Adanya Toyota “Waste Station” dinilai sangat membantu masyarakat dalam program rekosistem.

“Sukses selalu untuk Toyota dan Jawa Timur Park Group,” tukas Rio Imam Sendjojo, sekaligus staf ahli Jawa Timur Park Grup.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh President Director PT Toyota-Astra Motor, Hiroyuki Ueda dan beberapa jajaran petinggi Toyota. Selain itu, hadir pula Direktur Jawa Timur Park Grup, Ali Muhammad dan Manager Operasional Museum Angkut, Endang Shobirin. (dik/rhd)

disclaimer

Pos terkait