Komisi Informasi Pusat Gandeng UB Komitmen Keterbukaan Informasi Publik

Komisioner Komisi Informasi Pusat, Samrotunajah Ismail, memaparkan materi di Gedung Filkom UB. (jup) - Komisi Informasi Pusat Gandeng UB Komitmen Keterbukaan Informasi Publik
Komisioner Komisi Informasi Pusat, Samrotunajah Ismail, memaparkan materi di Gedung Filkom UB. (jup)

Malang, SERU.co.id – Universitas Brawijaya berkolaborasi dengan Komisi Informasi Pusat (KIP) kian menguatkan pentingnya keterbukaan informasi publik. Sebagai bentuk pertanggungjawaban transparansi badan publik kepada masyarakat.

Rektor UB, Prof Widodo menyatakan, seluruh jajaran pimpinan UB berkomitmen penuh untuk mendukung pelaksanaan keterbukaan informasi publik di UB. Melalui penyediaan anggaran, sarana dan prasarana pendukung, SDM yang kompeten, serta pengelolaan pelayanan informasi publik secara transparan, cepat, dan mudah. Sebagaimana amanat UU nomor 14 tahun 2008, dan Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 tahun 2021 tentang Standar Layanan Informasi Publik.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan ini merupakan salah satu bukti UB terus berusaha sebaik mungkin melakukan keterbukaan informasi. Terima kasih atas kerja sama dan dukungan penuh dari Komisi Informasi Pusat di dalam kami memaksimalkan keterbukaan informasi,” seru Prof Widodo, di Forum Edukasi dan Sosialisasi dengan tema “Optimalisasi Keterbukaan Informasi Publik di Lingkungan Perguruan Tinggi” di Gedung Filkom UB, Rabu (7/6/2023).

Rektor UB, Prof Widodo menyampaikan sambutan secara daring. (ist) - Komisi Informasi Pusat Gandeng UB Komitmen Keterbukaan Informasi Publik
Rektor UB, Prof Widodo menyampaikan sambutan secara daring. (ist)

Komisioner Komisi Informasi Pusat, Samrotunajah Ismail menyampaikan, hal ini menjadi role model bagi suatu lembaga perguruan tinggi. Dimana UB begitu komit dalam penerapan Keterbukaan informasi publik. Sehingga penting adanya komitmen atas keterbukaan informasi publik karena telah diatur dalam Undang-undang.

“Hal itu mengharuskan semua badan publik untuk memberikan informasi yang semestinya kepada masyarakat. Undang-undang Nomor 14 tahun 2008 jadi dasar penerapan KIP, dimana badan publik wajib memberikan informasi yang menjadi hak setiap orang,” terang Samrotunajah, sapaan akrabnya.

Lebih lanjut, Samrotunajah menyampaikan, hal ini menjadi modal utama dalam membangun good government. Salah satunya dengan penerapan keterbukaan informasi publik di badan publik.

“Karena kita tahu keterbukaan itu menjadi dasar untuk gambaran badan publik itu adalah melaksanakaan terwujudnya good governement,” imbuh Samrotunajah.

Senada, Ketua Komisi Informasi Pusat Donny Yoesgiantoro mengatakan, upaya optimalisasi pelaksanaan keterbukaan informasi publik dapat tercapai. Perlu adanya sinergi yang baik antara Komisi Informasi Pusat dan UB, termasuk para mahasiswa.

“Mahasiswa adalah agen badan publik yang hebat. Mereka dapat membantu menyuarakan keterbukaan informasi, baik melalui sarana media sosial, atau media massa,” ujar Donny.

Penandatanganan perjanjian Komitmen Keterbukaan Informasi Publik. (ist) - Komisi Informasi Pusat Gandeng UB Komitmen Keterbukaan Informasi Publik
Penandatanganan perjanjian Komitmen Keterbukaan Informasi Publik. (ist)

Di waktu yang hampir bersamaan, dilaksanakan penandatangan perjanjian Komitmen Keterbukaan Informasi Publik yang melibatkan jajaran pimpinan Universitas Brawijaya (UB). Mulai dari Rektor, Wakil Rektor, Sekretaris Universitas, Dekan, Direktur, Kepala Lembaga, Kepala UPT dan Kepala Divisi.

Penandatanganan komitmen ini dilakukan dalam upaya meningkatkan dan mengoptimalisasikan pelaksanaan keterbukaan informasi publik. Serta meningkatkan kualitas pelayanan informasi publik di lingkungan UB. Kegiatan dialaksanakan secara luring dan daring, diikuti oleh perguruan tinggi dan pemerintah provinsi

Pada kesempatan yang sama, Kepala Divisi Informasi dan Kehumasan, Zulfaidah Penata Gama, memberikan materi sosialisasi Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Unit Kerja di UB. (jup/rhd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *