OJK Gandeng Babinsa dan Bhabinkamtibmas Tingkatkan Literasi Keuangan, Cegah Pinjol Ilegal

Kepala OJK Malang bersama ratusan Babinsa dan Bhabinkamtibmas se-Kota Malang. (jup) - OJK Gandeng Babinsa dan Bhabinkamtibmas Tingkatkan Literasi Keuangan, Cegah Pinjol Ilegal
Kepala OJK Malang bersama ratusan Babinsa dan Bhabinkamtibmas se-Kota Malang. (jup)

Malang, SERU.co.id – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kota Malang menggandeng 110 Babinsa Kodim 0833 dan 200 Bhabinkamtibmas Polresta Malang Kota, guna meningkatkan literasi keuangan di masyarakat. Sekaligus upaya memberikan pemahaman kepada masyarakat, agar tidak terjerumus kepada investasi ilegal hingga ke pinjol ilegal.

“Namanya program literasi itu tidak bisa dilakukan oleh OJK saja, tetapi dilakukan oleh semua lapisan masyarakat. Termasuk bapak-bapak kita dan ibu-ibu yang tergabung di Babinsa dan Bhabinkamtibmas,” seru Kepala OJK Malang, Sugiarto Kasmuri, Selasa (6/6/2023).

Bacaan Lainnya

Sugiarto menambahkan, langkah ini menjadi upaya efektif mengkomunikasikan mengenai apa yang ingin disampaikan OJK kepada masyarakat. Sehingga Babinsa maupun Bhabinkamtibmas bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat saat mendapati lembaga keuangan ilegal.

“Jadi ini menjadi satu terobosan baru yang kita lakukan kolaborasi dengan Polresta Malang Kota dan Kodim 0833. Untuk mempercepat komunikasi antara masyarakat dan lembaga jasa keuangan terkait,” bebernya.

Dengan cara ini, Sugiarto mengaku, upaya ini akan efektif meminimalisir masyarakat agar tidak masuk ke investasi ilegal. Dengan cara memanfaatkan kedekatan Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang selalu memantau kondisi masyarakat di masing-masing wilayah di Kota Malang.

“Tentunya ini akan meminimalisir orang-orang yang akan mau masuk ke investasi ilegal, yang belum masuk ya jangan sampai masuk. Karena sudah mendapatkan informasi yang cukup melalui bapak-bapak Babinsa dan Bhabinkamtibmas,” terangnya.

Sementara itu, Wakapolresta Malang Kota, AKBP Apip Ginanjar mengapresiasi, kegiatan yang diinisiasi oleh OJK Malang ini. Menurutnya, ini merupakan langkah preventif, agar anggotanya yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas bisa mengajak masyarakar lebih melek literasi keuangan.

“Di sini kita mempunyai skill ataupun keterampilan, dimana kita disini jangan sampai ketipu. Dan jangan sampai ada penipuan-penipuan online yang lainnya,” tegasnya.

Senada disampaikan Kasdim 0833 Kota Malang, Mayor Arm Chairul Effendy, hal ini menjadi bekal bagi Babinsa itu sendiri mengenai fenomena penipuan online dan investasi bodong. Sehingga ia menyarankan, agar keikutsertaan para Babinsa bisa menjadi langkah awal mencerdaskan masyarakat agar tidak tertipu lagi.

Kasdim 0833/Kota Malang mengapresiasi dilibatkannya Babinsa dan Bhabinkamtibmas mencegah pinjol ilegal. (ist) - OJK Gandeng Babinsa dan Bhabinkamtibmas Tingkatkan Literasi Keuangan, Cegah Pinjol Ilegal
Kasdim 0833/Kota Malang mengapresiasi dilibatkannya Babinsa dan Bhabinkamtibmas mencegah pinjol ilegal. (ist)

“Saya sangat mendukung, jangan masyarakat, Babinsa saja belum tentu tahu tentang penipuan online, investasi bodong. Harapan kami, adanya ini mereka menularkan ke masyarakat. Biar masyarakat tidak tertipu dengan investasi yang menjanjikan,” pungkasnya. (jup/rhd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *