Kemenkominfo Apresiasi Ekraf Kota Malang, Tunjuk Tuan Rumah 1.000 Startup Digital

Wali Kota Malang, Sutiaji bersama Koordinator Program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, Sonny Sudaryana. (jup) - Kemenkominfo Apresiasi Ekraf Kota Malang, Tunjuk Tuan Rumah 1.000 Startup Digital
Wali Kota Malang, Sutiaji bersama Koordinator Program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, Sonny Sudaryana. (jup)

Malang, SERU.co.id – Pertumbuhan sektor ekonomi kreatif (ekraf) Kota Malang menjadi apreasiasi Kemenkominfo, sehingga Kota Malang menjadi tuan rumah Roadshow 1.000 Startup Digital untuk Hub 9. Dengan mengangkat tema “Sinergitas Pentahelix dalam Peningkatan Inovasi Startup Digital Jawa Timur”.

Kegiatan itu merupakan prakarsa dari Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI dengan melibatkan ratusan peserta yang hadir. Wali Kota Malang, Sutiaji menjabarkan, dalam kurun waktu setahun, sektor ekonomi bergerak signifikan dari 4,7 persen menjadi 10 persen lebih.

Bacaan Lainnya

“Kita melihat ya naik. Pertumbuhan ekonomi kreatif itu naiknya dari 4,7 menjadi 10, sekian. Itu setahun dari tahun 2021 sampai 2022,” seru Sutiaji, saat hadir di Auditorium Lantai 1 MCC, Kamis (25/5/2023).

Ia menggambarkan, geliat sektor perekonomian kreatif terlihat dengan tingginya jumlah penerima manfaat di Gedung MCC yang mencapai 60 ribuan orang lebih. Jumlah tersebut merupakan hasil penyelenggaraan 200-300 event startup di Gedung MCC Kota Malang.

“Manfaat dari MCC ini temuannya ya mungkin saya ga bisa bicara, tanya saja pada pengelola. Mei ini aja penerima manfaat itu lebih dari 60 ribuan, bukan pengunjung, tapi penerima manfaat. Itu terbagi atas 200 hampir 300 event,” beber pria nomor satu di jajaran Pemkot Malang ini.

Suasana Roadshow 1.000 Startup Digital untuk Hub 9 di Auditorium Lantai 7 MCC Kota Malang. (jup) - Kemenkominfo Apresiasi Ekraf Kota Malang, Tunjuk Tuan Rumah 1.000 Startup Digital
Suasana Roadshow 1.000 Startup Digital untuk Hub 9 di Auditorium Lantai 7 MCC Kota Malang. (jup)

Sutiaji menganggap, tingginya penerima manfaat atas ratusan event di MCC menjadi mobilisasi penguatan startup digital yang ada di Kota Malang. Dari upaya tersebut, bisa memunculkan orang-orang baru bertalenta.

Sementara itu, Koordinator Program Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital, Sonny Sudaryana mendorong, kawula muda untuk bisa memaksimalkan startup digital yang sedang digeluti. Sehingga pertumbuhan ekonomi tidak hanya di kota besar, namun termasuk di wilayah manapun yang sudah terkoneksi dengan internet.

“Apalagi Malang, banyak perusahaan di Malang kliennya dari Eropa, Amerika. Ada teman saya itu ngerjain projek kliennya dari Amerika Eropa,” jelas Sonny, sapaan akrabnya.

Sonny menanggapi, kesiapan komunitas di Kota Malang mendapat dukungan dari pemerintah daerah setempat. Termasuk sejumlah fasilitas pendukung startup digital di kalangan anak-anak muda sehingga menciptakan ekosistem yang matang.

“Apalagi pak Wali Kota sudah menyiapkan infrastruktur. Istilahnya rumah kreatif untuk mereka bertemu, saling sharing dan bertumbuh dengan ekosistem yang tepat,” pungkasnya. (jup/rhd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *