Sandiaga Uno Terpikat Kayutangan Heritage Kota Malang, Nominator ADWI 2023

Sandiaga Uno bersama Wali Kota Malang, Sutiaji, menyapa masyarakat Kampung Kayutangan Heritage. (jup) - Sandiaga Uno Terpikat Kayutangan Heritage Kota Malang, Nominator ADWI 2023
Sandiaga Uno bersama Wali Kota Malang, Sutiaji, menyapa masyarakat Kampung Kayutangan Heritage. (jup)

Malang, SERU.co.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno terpikat mampir ke Kayutangan Heritage Kota Malang, Minggu (16/4/2023) pagi. Kedatangannya sekaligus kunjungan untuk melihat Kayutangan Heritage yang masuk dalam nominasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Titik yang menjadi tujuan pertama atas kedatangan Mas Menteri adalah Rumah Namsin, salah satu tempat bersejarah di Kayutangan Heritage. Di tempat ini, Sandiaga Uno mendapat paparan dan penjelasan tentang sejarah berdirinya Kayutangan Heritage.

Bacaan Lainnya

“Saya kagum dengan Kayutangan Heritage. Oleh karena itu, saya resmikan kampung Kayutangan Heritage menjadi satu dari 75 desa Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023,” seru Sandiaga Uno.

Selanjutnya, Sandiaga Uno bersama Wali Kota Malang dan jajarannya, menyusuri spot demi spot di Kampung Heritage Kayutangan yang didominasi rumah-rumah kuno. Mulai Makam Mbah Honggo, Warung Kopi Mbah Ndut, Kerajinan Bakiak, Sentra Kue khas Oenbitjkoek, spot foto pedestrian tepi sungai, Pasar Krempyeng, Rumah 1870, dan menyapa kelompok pembatik di Balai RW.

Sandiaga bersama Sutiaji mencoba membatik di Balai RW setempat. (jup) - Sandiaga Uno Terpikat Kayutangan Heritage Kota Malang, Nominator ADWI 2023
Sandiaga bersama Sutiaji mencoba membatik di Balai RW setempat. (jup)

Sebagai upaya mendukung perkembangan Kayutangan Heritage, Mas Menteri memberikan sejumlah bantuan yang diminta pokdarwis setempat berupa laptop dan printer. Nantinya, bantuan tersebut akan digunakan sebagai penunjang wisata edukasi yang juga akan disuguhkan Kayutangan Heritage.

Berdasarkan laporan Pokdarwis, jumlah kunjungan ke kampung Kayutangan Heritage meningkat hingga 25 ribu orang per bulan. Pasca hantaman pandemi membuktikan, geliat wisata kampung kota dan ekonomi masyarakat semakin bangkit.

Tidak hanya sebagai spot wisata tingkat desa yang potensial, Sandiaga menganggap, Wisata Kayutangan Heritage ini bisa membuka peluang usaha dan lapangan kerja.

“Targetnya ini momen untuk menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja, 4,4 juta di 2024 diawali oleh kampung wisata Kayutangan Heritage,” tambahnya.

Warga setempat antusias menyambut kedatangan Mas Menteri di Kampung Kayutangan Heritage. (jup) - Sandiaga Uno Terpikat Kayutangan Heritage Kota Malang, Nominator ADWI 2023
Warga setempat antusias menyambut kedatangan Mas Menteri di Kampung Kayutangan Heritage. (jup)

Melihat peluang ini, Mas Menteri mengajak masyarakat Kampung Kayutangan Heritage menyiapkan segala sesuatu dalam menyambut wisatawan yang pasti membludak di masa mendatang.

“Masyarakat harus menyiapkan semuanya. Kalau di perkotaan agar mereka menerapkan protokol-protokol keamanan, kesehatan, keselamatan. Dan pundi ekonomi kreatif bisa laku dan dibeli oleh para wisatawan,” pungkasnya.

Senada, Wali Kota Malang, Sutiaji menekankan, Kampung Kayutangan adalah salah satu model pengembangan destinasi wisata dan ekonomi kreatif dari hasil kerja keras bersama.

“Pertumbuhan ekonomi kreatif di Kota Malang di angka 10 persen. Termasuk didalamnya kita buka kampung-kampung tematik, seperti kampung heritage kayutangan ini,” sebut Sutiaji.

Sementara itu, Ketua Pokdarwis Kayutangan, Mila Kurniawati mengaku, tak bisa menyembunyikan kebahagiaannya atas prestasi yang diraih kampungnya. Dalam Ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 hingga dikunjungi langsung Menparekraf.

Pemberian bantuan prasarana yang diminta Pokdarwis. (ist) - Sandiaga Uno Terpikat Kayutangan Heritage Kota Malang, Nominator ADWI 2023
Pemberian bantuan prasarana yang diminta Pokdarwis. (ist)

“Kami bersama teman-teman pokdarwis (dan warga) berkolaborasi, menjadikan Kayutangan sebuah destinasi wisata yang terkenal di Kota Malang, Indonesia dan dunia,” ungkap gembira Mila.

Tak hanya itu, dalam waktu dekat salah satu industri mitra Kemenparekraf juga akan melakukan survei pemetaan dukungan penataan kampung Kayutangan Heritage. (jup/rhd)


Baca juga:

Sutiaji Ajak Sandiaga Uno Lari Malam Nikmati Suasana Kota Malang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *