Bondowoso, SERU- Siswa-siswi Sekolah Dasar Katolik Indra Siswa (SDK Insis) Bondowoso eluar sebagai juara lomba paduan suara SD/MI se-Bondowoso 2019.  Dalam lomba yang digelar sehari di Aula SMAN 2 Bondowoso, kemarin (8/10/2019), paduan suara SDK Insis yang membawakan lagu wajib Singo Ulung dan lagu wajib nasional Rayuan Pulau Kelapa membukukan nilai tertinggi 520.

Mereka mengungguli dua kompatriotnya paduan suara SDN Wonosari 1 sebagi runner up dan SDN Grujugan Lor 1 yang menempati peringkat tiga. SDN Wonosari 1 mendulang nilai 502. SDN Grujugan Lor 1 mengoleksi nilai 444.  Ketiga SD, ini mengalahkan dua belas SD lainnya yang mengikuti lomba paduan suara yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bondowoso.

Sukses SDK Insis kali, ini mengulangi prestasi moncer sepekan lagi dalam ajang kuis pendidikan karakter anak bertajuk Siap-Siap Aku Bisa (SSAB) SD/MI se-Bondowoso 2019  di Gedung EDC Bondowoso. Dalam kuis pendidikan karakter gawe bareng Kemendiknas        RI dan salah satu televisi swasta nasional, ini SDK Insis menjadi terbaik. Mereka mengungguli SDN Bataan 1, SD Yima, SDN Badean 1, dan SDN Kademangan 1. 

TROFI JUARA: Siswa-siswi SDK Indra Siswa berhak membawa pulang trofi juara lomba paduan suara SD./MI se-Bondowoso 2019. (foto: ido)

Kepala Disdikbud Bondowoso H.Harimas yang membuka lomba paduan suara mengatakan, lomba paduan suara tingkat SD/MI dan SMP/MTS Bondowoso 2019 digelar  dengan tujuan menanamkan pendidikan karakter para siswa. Karena, melalui lomba paduan suara dapat meningkatkan kecerdasan dan mengembangkan kemampuan di bidang paduan suara. ”Lebih penting lagi, memupuk karakter disiplin, bekerjasama, toleransi, saling peduli, dan sportivitas,” jelasnya.

Tidak kalah pentingnya, lomba paduan suara, ini juga untuk menumbuhkembangkan kecintaan terhadap lagu daerah dan nasional. Dengan begitu, semakin menanamkan jiwa nasionalisme dan cinta tanah air pada para siswa. ”Selamat berkompetisi untuk menjadi yang terbaik dalam lomba paduan suara SD/MI dan SMP/MTS se-Bondowoso 2019,” kata Harimas.

Kabid PAUD dan PNF Disdikbud Bondowoso, Murni menambahkan, lomba paduan suara SD/MI dan SMP/MTS se-Bondowoso 2019 digelar di Aula SMAN 2 Bondowoso selama dua hari pada 8 – 9 Oktober 2019.  Peserta lomba sebanyak 24 paduan suara dari SD/MI dan SMP/MTS se-Bondowoso. ”Tingkat SD/MI diikuti 15 peserta yang berlomba pada 8 Okotiber 2019 dan tingkat SMP/MTS diikuti 9 peserta yang berlomba 9 oktober 2019,” tambahnya. (ido)

Tinggalkan Balasan