Probolinggo, SERU – Peringatan HSN Pemkot Probolinggo menggelar apel bersama ribuan santri, di Stadion Bayuangga, Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, Selasa (22/10/2019). Apel HSN ke-5 ini dipimpin oleh Walikota, Hadi Zainal Abidin, dan dihadiri Forkompimda lainnya seperti TNI, Polri, DPRD dan sejumlah ormas Islam.

Teaterikal perjuangan dan jihad oleh para santri.

“Sejak Hari Santri Nasional ditetapkan pada tahun 2015, kita selalu menyelenggarakan peringatan setiap tahunnya dengan tema yang berbeda. Di tahun 2016, mengusung tema ‘Dari Pesantren Untuk Indonesia’, di tahun 2017 ‘Wajah Pesantren Wajah Indonesia’, dan ditahun 2018 ‘Bersama Santri Damailah Negeri’,” seru Walikota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin.

Sedangkan di tahun 2019 ini, peringatan Hari Santri mengusung tema “Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia”. “Berdasarkan fakta bahwa sejatinya pesantren adalah laboratorium perdamaian, karena pesantren merupakan tempat menyemai ajaran Islam Rahmatan lil’alamin,” kata Habib Hadi, sapaan akrab Walikota Probolinggo, dalam sambutannya.

Pelepasan balon secara simbolik oleh Forkopimda.

Habib Hadi juga menegaskan, santri Indonesia agar turut berperan aktif dan terdepan dalam mengemban misi dalam menyampaikan pesan-pesan perdamaian di dunia internasional.

“Dalam peringatan Hari Santri Nasional tahun 2019 ini, telah ditetapkan UU No 18 tahun 2019 tentang Pesantren. Dengan Undang-undang ini memastikan bahwa pesantren tidak hanya mengembangkan fungsi pendidikan semata, akan tetapi juga mengembangkan fungsi dakwah dan fungsi pengabdian masyarakat,” tandasnya. (dod/rhd)

Tinggalkan Balasan