Dinamika DesaPendidikanPeristiwa

MTsN 1 Salurkan Hewan Kurban dan Bantuan ke Dawuhan Poncokusumo

IMG 20190814 174345 1 1
Penyerahan secara simbolis hewan kurban MTsN 1 kepada perwakilan masyarakat setempat. (ist)

Kota Malang, SERU

Sebagai bentuk kepedulian dalam merayakan Idul Adha, MTsN 1 Kota Malang menyalurkan 1 ekor sapi dan 1 ekor kambing dalam Bakti Sosial (Baksos) di Dusun Dawuhan Lesti RT 1 dan RT 21 RW 4 Desa Dawuhan, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Selasa (13/8/2019). Dalam kesempatan itu, MTsN 1 juga menyerahkan paket sembako, uang dan pakaian layak pakai, peresmian dan penyerahan bantuan bangunan kamar mandi dan tempat wudhu mushola, serta pengobatan massal secara gratis.

“Dalam Baksos kali ini, kami menyerahkan hewan kurban berupa 1 ekor sapi dan 1 ekor kambing. Selain daging kurban murni seberat satu kilogram, kami juga memberikan paket sembako dan uang senilai Rp 100 ribu bagi lebih dari 150 KK, serta beberapa pakaian yang masih layak,” jelas Ketua Panitia Pelaksana, Faruq Baharudin.

IMG 20190814 175020 1
Peresmian dan penyerahan bantuan bangunan kamar mandi dan tempat wudhu mushola. (ist)

Ditambahkan Faruq, dalam kesempatan tersebut, MTsN 1 meresmikan dan menyerahkan bantuan bangunan kamar mandi dan tempat wudhu mushola, masing-masing di RT 1 dan RT 21 yang dikerjakan secara gotong royong oleh warga setempat. Serta pengobatan massal gratis bagi warga. “Secara finansial, kami berikan bantuan bahan bangunan senilai Rp 6 juta per RT. Prosesnya dikerjakan secara gotong royong oleh masyarakat. Semangatnya sangat luar biasa,” terang Ketua Takmir salah satu masjid terkenal di Kota Malang ini.

Kegiatan baksos ini melibatkan sekitar 80 siswa perwakilan kelas 7-9, pengurus OSIS, siswa yang berkurban, dan anggota Al Banjari, serta 40 guru dan karyawan. Diberangkatkan dengan 15 mobil dari MTsN 1 mulai pukul 07.00 hingga 15.00 WIB.

IMG 20190814 174912 1
Pengobatan massal gratis bagi warga. (ist)

Sehari sebelumnya, MTsN 1 menyembelih 1 ekor sapi limousine seberat 1,2 ton dan 1 ekor sapi jenis Madura. Sementara 24 ekor kambing disalurkan dalam bentuk hewan hidup ke sejumlah seperti lembaga pendidikan, taman Al Qur’an, masjid/musholla, daerah pelosok, dan tempat lainnya yang minim hewan kurban, untuk disembelih sendiri. 

“Ini merupakan bagian pembelajaran dan bagian ibadah siswa-siswi MTsN 1 Kota Malang, sekaligus motivasi peningkatan nilai-nilai kepedulian kepada sesama. Dengan turun langsung dan bertemu masyarakat, anak-anak belajar berempati. Tak hanya saat Idul Adha, dalam momentum kemanusiaan lain seperti Bakti Kelulusan, dan lainnya dapat mengasah kepeduliannya,” ungkap Kepala MTSN 1 Malang, Drs Samsudin, MPd.

IMG 20190814 175117 1
Siswa-siswi turut memotong daging hewan kurban. (ist)

Disebutkan Samsudin, sumber dana dan hewan kurban berasal dari warga MTsN 1 Kota Malang, baik siswa, guru maupun orang tua. “Dari siswa dan guru ada dana rutin tiap Jumat untuk keagamaan dalam bentuk infak yang digunakan dalam berbagai macam kegiatan, salah satunya Idul Adha. Jadi ada dana patungan dari tabungan infak, dan kurban mandiri,” lanjut Sam, sapaan akrabnya.

Sementara itu, Kaur Kesra Desa Dawuhan Kecamatan Poncokusumo, M. Khamsan, mengapresiasi pemberian hewan kurban dan bantuan dari MTsN 1 Kota Malang. “Warga RT 1 dan 21 sangat senang dan antusias sekali. Karena di masjid mereka tidak dapat jatah, tapi justru dapat hewan kurban dari MTsN 1 Kota Malang. Kami mengucapkan terima kasih. Harapannya, tahun depan diberi lagi, meski untuk dusun lainnya,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Mudin ini. (rhd)

#

Share: