Pesan Pengawas dalam Pisah Sambut Kepala SMPN 1 Grujugan dan SMPN 1 Tlogosari

Bondowoso, SERU- Kepala Sekolah (Kepsek) harus tangguh menghadapi berbagai persoalan yang dihadapi dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah yang dipimpinnya. Selain itu, Kepsek sebagai pimpinan pada organisasi harus mampu memanej dan memberi teladan bagi guru dan peserta didik.

Harapan itu disampaikan Purwo Budi Sutanto, Pengawas SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bondowoso saat pisah sambut Kepala SMPN 1 Grujugan dari pejabat lama Aryano pada penggantinya Slamet Hariyadi, Selasa kemarin (8/10/2019). ” Kepsek harus tangguh dan mampu memanej serta memberi teladan bagi guru dan peserta didiknya. Karena, tugas Kepsek adalah bagaimana meningkatkan mutu pendidikan secara berkelanjutan di sekolah yang dipimpinnya,” kata Purwo –panggilan akrab Purwo Budi Sutanto-.

Kepala SMPN 1 Tlogosari lama Sujarwoko (tengah) didampingi penggantinya Purwadi (kiri) dan Pengawas SMP, Marwan (kanan). (foto: ido)

Untuk mewujudkan hal tersebut, menurut dia, Kepsek harus membentuk tim kerja yang tangguh dalam proses KBM. Mulai dari dewan guru sampai orang tua siswa. Selain itu, Kepsek harus terus melakukan koordinasi atau pun konsultasi khusus dengan Dispendik Bondowoso maupun lembaga teknis lainnya. ”Dan, tidak kalah pentingnya, Kepsek harus selalu menjaga iklim kondusif, khususnya pada proses KBM,” ujarnya.

Senada disampaikan Marwan, Pengawas SMP lainnya saat pisah sambut Kepala SMPN 1 Tlogosari, Rabu siang (9/10/2019). Dihadapan Kepsek lama Sujarwoko dan Kepsek baru Purwadi serta seluruh guru SMPN 1 Tlogosari, Marwan mengatakan, Kepsek bukan hanya harus tangguh saja dalam memimpin.

 Namun, menurut dia, Kepsek juga harus mampu memberikan dorongan dan arahan pada guru, tenaga kependidikan, maupun peserta didik dalam meningkat mutu pendidikan di SMP yang dipimpinnya. ”Tidak kalah pentingnya, Kepsek harus mampu melakukan inovasi dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah yang dipimpinnya,” katanya. (ido)

Tinggalkan Balasan