Surabaya, SERU – Kantor Dagang dan Industri (Kadin) Kota Batu berangkatkan 6 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari Kota Batu mengikuti acara Sharing dan Konsultasi Bisnis Pengelolaan Produk Agro, Makanan dan Minuman di Graha Kadin, Jalan Bukit Dharmo Raya 1, Graha Family, Kota Surabaya, Sabtu (12/10/2019).

Acara yang diinsiasi oleh Kadin Jatim ini diharapkan mampu memberikan wawasan secara luas kepada pelaku UMKM yang ada di Jatim khususnya, agar bisa meningkatkan kualitas dan kapasitas usaha pengolahan produk agro, khususnya UMKM yang mau dan sedang berkembang. “Ini adalah kesempatan yang bagus supaya UMKM di Kota Batu bisa berkembang lebih baik. Nanti mereka bisa berkonsultasi dan mendapatkan pendampingan secara berkala dari PUM Netherland (Kadin Belanda),” jelas Direktur Eksekutif Kadin Kota Batu, Maskur Heriono.

Untuk kriteria pegiat UMKM yang diberangkatkan kesana ada dua, yaitu pertama, pengusaha/perusahaan yang bergerak dalam pengolahan makanan dan minuman, serta produk agro, yang berkeinginan mengembangkan usahanya.
Kedua, minimal pengusaha tersebut memiliki pekerja 10 orang atau lebih. “Ini adalah upaya Kadin Batu sebagai wujud peningkatan perdagangan mulai dari produksi, pengolahan, pengemasan, serta kedepan pemasaran. Harapannya, semua UMKM di Kota Batu bisa menjadi pelaku yang sukses,” tambah Heri, sapaan akrabnya.

Ketua Kadin Kota Batu, Endro Wahyu Wijoyono, menambahkan, Kota Batu memiliki potensi besar dalam bidang usaha maupun UKM. Itu dapat dilihat dari banyaknya produk industri maupun UKM di Kota Batu yang ada di pasaran. “Banyak sekali potensi serta peluang usaha. Dan jika bisa dimaksimalkan tentunya akan membawa dampak yang sangat positif bagi perkembangan perekonomian di Kota Batu. Semoga pelaku UMKM yang berangkat kesana nanti bisa menularkan ilmunya ke pelaku lainnya,” ucapnya.

Pria yang biasa disapa Abah Hendro ini berharap, kedepan banyak pengusaha yang mampu Go Internasional. Sebab konsultasi usaha ini langsung mendapatkan bimbingan dari Kadin yang berada di Belanda. “Jika itu terjadi, tentunya potensi besar di bidang industri dan perdagangan di Kota Batu akan semakin maju dan berkembang. Semoga kedepan banyak pengusaha semakin,” tandasnya.

Perlu diketahui saat ini Kadin Kota Batu sangat getol memberikan penyuluhan, pendampingan dan menjembatani para pelaku usaha yang ada di Kota Batu. Tak tanggung-tanggung beberapa pihak luar negeri digandeng oleh Kadin Batu. Bahkan beberapa waktu lalu, Kadin menggelar pelatihan bersama AdaIB Jerman, sekarang menggandeng PUM Netherland (Belanda). (lih/rhd)


Tinggalkan Balasan