HukumPemerintahanPeristiwa

Awas, Modus Penipuan Catut Pejabat Kembali Marak

IMG 20190519 100101 1
Nama Wakil Walikota Malang Sofyan Edi Jarwoko, jadi modus pencatutan penipu. (rhd)


• Catut nama Wakil Walikota Malang kepada Panti Asuhan

Kota Malang, SERU

Modus pelaku penipuan mengatasnamakan salah satu pejabat Pemerintah Kota Malang kembali terjadi. Kali ini, penipu mencatut nama Wakil Walikota Malang, H. Sofyan Edi Jarwoko, dengan dalih akan memberikan bantuan kepada Panti Asuhan Muhammadiyah.

Seperti diungkapkan Dasuki, Pengasuh Panti Asuhan yang terletak di Bareng Gang 4 A Malang, mendatangi kantor Bagian Humas Setda Kota Malang untuk mengkonfirmasi kejadian dimaksud, Rabu (14/8/2019) siang. Dirinya mengaku ditelpon seseorang dan diminta untuk menghadap Wawali Sofyan Edi di Balaikota, karena akan diberi bantuan. “Namun dari awal saya sudah merasa ada yang janggal dengan telpon tersebut, saya meyakini bahwa itu adalah sebuah penipuan” ujar pensiunan Kepala Sekolah SMPN 8 Malang itu.

Dasuki berharap agar kejadian ini tidak sampai terjadi lagi dan memakan banyak korban lainnya. Untuk itu, Dasuki berpesan agar masyarakat Kota Malang perlu waspada. Terlebih, saat ini marak penipuan yang mengatasnamakan pejabat. Seperti mencatut nama Kepala Dinas Pendidikan Zubaidah kepada sejumlah kepala sekolah, belum lama ini.

Senada, Kepala Bagian Humas Pemkot Malang, Nurwidianto, menegaskan sehubungan dengan maraknya penipuan melalui telepon atau media sosial, maka dihimbau agar masyarakat perlu berhati-hati. “Kami mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dan jangan langsung percaya dengan telpon, sms dan yang lain yang mengatasnamakan pejabat Pemkot Malang,” kata Nurwidianto.

Nurwidianto juga menambahkan, apabila masyarakat mengetahui kejadian perbuatan melawan hukum tersebut, agar segera melaporkan ke pihak berwajib. Pemkot Malang tidak bertanggung jawab atas segala bentuk kerugian yang ditimbulkan sebagai akibat dari penipuan tersebut. “Kedepan, apabila menemui modus seperti itu lagi, jangan segan pula agar masyarakat untuk segera konfirmasi ke Pemkot Malang,” tandas pria ramah ini. (rhd)

Share: