• Dapuk Posko Relawan Rumah Prestasi 3G pioner seluruh kelurahan di Kecamatan Blimbing

Malang, SERU.co.id – Usai dilaunching Selasa (24/3/2020) lalu, tim Satgas Posko Relawan Covid-19 yang terletak di Rumah Prestasi Glintung Go Green (3G), Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, kini memiliki tugas lebih luas. Tak hanya di wilayah Kelurahan Purwantoro saja, namun berkembang hingga seluruh kelurahan di wilayah Kecamatan Blimbing, atas permintaan Muspika Blimbing.

“Saya sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan gugus tugas Muspika Kecamatan Blimbing ini sangat luar biasa. Saya kira ini bisa menjadi role model oleh kecamatan lainnya di Kota Malang. Kegiatan ini merupakan sinergi Pentahelix dalam mencegah penyebaran virus Covid-19,” apresiasi Drs. Alie Mulyanto, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang, usai menjadi Inspektur Apel Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kecamatan Blimbing, di lapangan Makoramil Blimbing, Rabu (1/4/2020).

Pemberian bantuan untuk tim relawan Satgas Covid-19 Kecamatan Blimbing. (rhd)

Menurut mantan Camat Sukun ini, upaya seperti ini tak bisa dilakukan sendiri oleh Pemkot Malang. Bergerak secara masif (menyeluruh) harus dilakukan mulai pusat hingga lingkungan RT-RW. “Penyebaran Covid-19 ini begitu cepat, maka dengan gerakan bersama ini strategisnya. Lebih baik mencegah daripada mengobati, kita tekankan. Salah satunya, dengan menjaga jarak (social distancing), jaga kesehatan, jaga kondisi, jaga imun, dan lainnya. Mulai makan bergizi, istirahat cukup, olah raga dan tetap di rumah. Jangan sampai yang sehat menjadi sakit, dan yang sembuh terus terjaga kesehatannya,” imbuh Alie.

Selain melakukan penyemprotan di area publik, tentunya agar upaya pencegahan bergerak masif, keterlibatan semua pihak turut menentukan kecepatan berlomba-lomba dengan penyebaran Covid-19. “Kami bagikan disinfektan melalui kecamatan dan kelurahan untuk didistribusikan ke kampung-kampung dan pemukiman penduduk. Pun dengan Dinas Pendidikan, dimana ada ratusan sekolah yang juga kami beri untuk disemprot mandiri. Harapannya, bisa sinergi bersama dalam menekan penyebaran Covid-19. Karena SDM kami sangat terbatas,” tandas mantan Kabag Kesra ini.

“Saat ini tim relawan kami bertugas di tingkat Kecamatan Blimbing, untuk membantu warga seluruh kelurahan dalam penyemprotan disinfektan secara mandiri. Selain upaya preventif dengan penyemprotan, tim kami juga melakukan edukasi. Harapannya, masing-masing warga mampu melakukan pencegahan secara mandiri dengan terbentuknya Kampung Tangguh dan Rumah Tangga Tangguh,” ungkap inisiator Posko Relawan Covid-19, Ir. Bambang Irianto, sekaligus owner Rumah Prestasi Glintung Go Green.

Sinergi Muspika Blimbing dengan BPBD dan komunitas. (rhd)

Edukasi yang dimaksud, lanjut Bambang, terkait apa dan bagaimana virus Corona atau Covid-19, bahan-bahan disinfektan yang digunakan baik jenis maupun dosisnya, perilaku hidup bersih dan sehat. “Cara menyemprotkan disinfektan tidak bisa asal-asalan. Yang paling efektif di tempat berkumpulnya manusia, khususnya pemukiman penduduk. Disinfektan hanya bertahan 3 hari, selanjutnya disemprot lagi. Namun lebih baik bagaimana menjaga kesehatan dan kebersihan itu yang utama,” beber Bambang Ir, sapaan akrabnya.

Disinggung tentang bahayanya disinfektan bagi manusia, Bambang menyebutkan jika disinfektan diperuntukkan untuk benda atau lingkungan terbuka. “Kandungan klorin dalam disinfektan itu berbahaya untuk kulit. Yang baik alhohol murni 70 persen atau antiseptik untuk manusia. Namun itu kan langka, maka lebih baik membersihkan diri dengan air mengalir. Sesering mungkin bersihkan hidung dengan wudhu,” tandas Bambang, sembari mencontohkan lorong Covid di Rumah Prestasi 3G yang menggunakan campuran air sabun antiseptik.

Lorong Covid-19 Rumah Prestasi 3G. (rhd)

Disela apel yang diikuti Camat Blimbing Drs. Muarib, Kapolsekta Blimbing Kompol Heri Wahyu Widodo dan Danramil 0833-03/Blimbing, Kapten Arm Hadi Supratikno, para lurah di wilayah Blimbing, relawan beserta anggota TNI/Polri tersebut, juga dilakukan penyerahan bantuan peralatan dari Rumah Prestasi 3G dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Malang. (rhd)

Tinggalkan Balasan