Baca Juga : RSSA Rilis Dua PDP Positif Covid-19

Malang, SERU.co.id – Usai menjalani perawatan panjang hampir 2 (dua) pekan di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang, akhirnya Rz (nama samaran), mahasiswa jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT UB) Malang, dinyatakan telah sembuh dan selesai menjalani perawatan di ruang isolasi RSSA.

Direktur RSUD Saiful Anwar dr. Kohar Hari Santoso, membenarkan pasien berjenis kelamin laki-laki berusia 21 tahun dimaksud, dinyatakan telah sembuh dan dipulangkan ke rumahnya, Sabtu (21/3/2020). “RSSA telah memulangkan tiga pasien yang kondisinya sudah membaik (dua diantaranya negatif, red). Termasuk mahasiswa UB, karena secara fisik dan klinis dia baik,” ungkap dr. Kohar Hari Santoso, Senin (23/3/2020) pagi.

Meski dinyatakan sembuh dan telah dipulangkan, pihaknya meminta pasien dan keluarganya agar tetap mengisolasi diri dan membatasi interaksi sementara dengan masyakarat sekitar. Demi masa pemulihan secara total. “Sudah sembuh, artinya dia secara klinis baik. Tapi dalam masa pemulihan di rumah, masih harus mengurangi interaksinya. Dan masyarakat tidak perlu takut dan menstigma, lantas memblokade rumahnya,” jelas Kohar.

Pihaknya akan tetap melakukan pemantauan dan meminta self isolation atau isolasi diri, karena masih dalam pemulihan dan tidak ada potensi menularkan yang lain. “Dalam fase penyembuhan, harus didampingi keluarganya. Tapi jangan gerudukan selama dia menerima tamu, karena jika kecapekan maka akan kebawa lagi. Sosial distance perlu diperhatikan,” himbaunya.

Merespon kabar gembira ini, Walikota Malang Sutiaji, melalui Kepala Bagian Humas Kota Malang M. Nurwidianto, mengucapkan syukur. Walikota Sutiaji tetap berpesan agar setiap orang untuk tetap waspada dan menjaga kesehatan secara mandiri. “Kita patut bersyukur (Alhamdulillah). Kabar ini memberikan rasa optimisme, bahwa corona bisa disembuhkan. Kata kuncinya adalah membangun imune (daya tahan tubuh) serta sementara waktu membatasi beraktifitas di luar rumah,” ungkap walikota yang gemar masakan pedas ini. (rhd)

Tinggalkan Balasan