Bondowoso,SERU- Tim Pengawas Sekolah Dasar (SD) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Bondowoso menyambangi Sekolah Dasar Katolik Indra Siswa (SDK Insis), Sabtu (21/3/2020). Mereka melaksanakan tugas pokok dan fungsinya melakukan penilaian kinerja kepala sekolah (PKKS) di SDK Insis Bondowoso.

            Mustangin anggota tim pengawas SD mengatakan, penilaian kinerja kepala sekolah ini meliputi penilaian standar yang menjadi tugas dan tanggung jawab kepala sekolah dalam memanej serta meningkatkan pelayanan dan kualitas pendidikan di sekolah yang dipimpinnya. ”Seperti kompetensi kepribadian kepala sekolah, manajerial, kewirauhaan, suprevisi, sosial, pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB), dan penilaian kegiatan penunjang lainnya,” katanya.

            Penilaian kinerja kepala sekolah, ini menurut pengawas SD Kecamatan Curahdami tersebut, dilakukan ruitn setiap tahun, terutama yang sudah menduduki jabatan 4 tahun. Tujuannya, untuk melihat apakah kinerja kepala sekolah sudah memenuhi standar atau tidak. Selain itu, apakah kinerja kepala sekolah mengalami peningkatan atau tidak, dalam meningkatkan kualitas sekolah yang dipimpinnya.

SALAM MELESA: Tim Pengawas SD, Mustangin dan Moh. Suhartono bersama tenaga pendidik SDK Indra Siwa Bondowoso. (guido/SERU.co.id).

”Seperti di SDK Indra Siswa, ini apabila evaluasi hasil penilaian kinerja kepala sekolahnya sesuai standard dan bagus, pasti meningkatkan eksistensi dan kualitas sekolah. Sehingga, kepala sekolah, dan tenaga guru semakin termotivasi berkreasi dan berinovasi meningkatkan presrtasi siswanya. Dan, semakin menarik orangtua menyekolahkan anaknya di SDK Indra Siswa,” ujarnya.

Mohammad Suhartono, anggota lain tim pengawas SD menambahkan, penilaian kinerja kepala sekolah dilakukan secara objektif, adil, akuntabel.  Artinya, hasilnya dapat dipertanggungjawabkan, bermanfaat untuk meningkatkan kualitas guru dan pendidikan setempat, dan penilaian secara transparan. ”Oleh karena itu, dalam penilaian kinerja kepala sekolah ini dilibatkan guru, komite sekolah, serta perwakilan orangtua siswa dan siswa memberikan penilaian kepada kepala sekolah sesuai penilaian standar.  Seperti penilaian kinerja kepala SDK Indra Siswa ini,”  tambahnya.  

            Sedangkan, Kepala SDK Insis, Suster Bernardine, SPM, S.Pd mengatakan pihaknya sudah melakukan persiapan dengan melengkapi berkas sebagai administrasi penilaian standar. Berkas itu sesuai standar penilaian kinerja kepala sekolah dengan delapan standar pendidikan yang dijalankan. ”Yang jelas, penilaian ini sangat bermanfaat bagi kami, terutama dalam meningkatkan kualitas pendidiikan di SDK Indra Siswa Bondowoso,” katanya.      

      Sementara Kepala Disdikbud Bondowoso Harimas menjelaskan, penilaian kinerja kepala sekolah, baik SD maupun SMP negeri dan swasta dilakukan untuk meningkatkan tugas dan tanggung jawab kepala sekolah mengelola dan meningkatkan kualitas pendidikan. Selain itu, sebagai evaluasi Disdikbud dalam menentukan promosi, penghargaan, mutasi, dan pembinaan lebih lanjut bagi kepala sekolah. ”Makanya, penilaian kinerja kepala sekolah dilakukan pengawas sekolah yang sudah bersertifikat dan memahami betul mengenai kompetensi kepribadian, manajerial, dan lainnya dari kepala sekolah SD maupun SMP,” jelasnya, (ido)

Tinggalkan Balasan