Puncak PQN 2020, BI Malang Hadirkan OM New Monata & Hadiah Jutaan Rupiah

Jajaran BI Malang bersama manajemen dan pedagang pasar terpadu Dinoyo. (ist)

• Usai sosialisasi QRIS kepada pedagang Pasar Dinoyo

Malang, SERU.co.id – Hampir sepekan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Malang  melakukan sosialisasi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dalam Pekan QRIS Nasional (PQN) 2020, di sejumlah universitas, tempat ibadah, pasar tradisional, tempat wisata dan semua sektor serta lapisan masyarakat, (9-14/3/2020).

Bacaan Lainnya

Usai sosialisasi di kantin Politeknik Negeri Malang (Polinema), Senin (9/3/2020); Piloting QRIS oleh Bank Pembangunan Daerah (BPD) Jatim, Selasa (10/3/2020); sosialisasi QRIS kepada para pengurus masjid se-wilayah Malang Raya di Masjid Raden Patah Universitas Brawijaya Malang, Rabu (11/3/2020), sosialisasi kepada para pedagang di wilayah Destinasi Wisata Bromo, Kamis (12/3/2020); di hari kelima, BI Malang sosialisasi QRIS kepada para pedagang pasar dan Mall di Pasar Terpadu Dinoyo Malang, Jumat (13/3/2020).

Fida Affa Arif, menjawab pertanyaan di tengah para pedagang. (rhd)

“Bank Indonesia terus berupaya mensosialisasikan QRIS, sebagai metode pembayaran terbaru untuk memperluas alternatif pembayaran non tunai, selain kartu kredit, kartu debit, e-money, dan lainnya. QRlS memiliki berbagai manfaat, antara lain lebih efisien, hasil penjualan tercatat otomatis, serta relatif Iebih aman baik bagi pedagang ataupun pembeli karena tidak melibatkan uang tunai,” ungkap Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Malang, Azka Subhan, membuka sosialisasi.

Kedepannya, Bank Indonesia, Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP), dan Pemerintah Daerah akan terus mengupayakan perluasan QRIS kepada para pedagang maupun konsumen meskipun rangkaian Pekan QRIS telah berakhir. “Yang penting sekarang edukasi dan perluasan penggunaan, InsyaAllah nantinya pengguna QRIS akan seiring meningkat pula,” imbuh Azka, didampingi Direktur Mall Dinoyo dan Pasar Terpadu Dinoyo, Jufri Naz.

Animo para pedagang pasar terpadu Dinoyo terhadap QRIS. (rhd)

Melalui sosialisasi selama sepekan ini, para peserta sosialisasi diajak mengaplikasikan secara langsung pada Puncak Pekan QRIS di Malang akan digelar di Lapangan Rampal Malang, besok Sabtu (14/3/2020) pukuI 06.00-11.00 WIB. “Selama sepekan ini, kami sudah woro-woro kepada para peserta untuk mengajak keluarganya hadir pada Puncak Pekan QRIS 2020, di Lapangan Rampal, Sabtu besok. Dalam ajang user experience QRIS ini, kami juga menggelar beragam edukasi, games, dan hiburan masyarakat,” ungkap Fida Affa Arif, Kepala Unit Pengawasan Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah, dan Keuangan Inklusif KPwBI Malang, kepada SERU.co.id.

Dengan rangkaian acara, mulai senam bersama, lomba zumba, jingle QRIS, edukasi & Kuis QRIS, kampanye “Sehat Lawan Corona”, berbagai hiburan musik dari Bonanova Band, BIMA (Bank Indonesia Malang) Band, dan special guest star New Monata Sodiq. “Kami hadirkan bazar dengan total 15 merchant beragam produk ada batik, kopi, makanan dan minuman. Masing-masing merchant menyediakan barcode QRIS untuk transaksinya yang sudah terkoneksi semua aplikasi uang elektronik, seperti LinkAja, OVO, GoPay, Shopeepay dan lainnya,” jelas Fida.

Fida menambahkan, usai berbelanja di merchant, pengunjung berkesempatan mendapatkan berbagai doorprize menarik dan hadiah utama, seperti sepeda motor, televisi, sepeda dan kulkas dua pintu. “Pengunjung harus menyiapkan atau download aplikasi uang elektronik atau PJSP, dan tentunya nominal saldo, agar bisa bertransaksi menggunakan QRIS. Setiap belanja Rp 10.000 dan kelipatan, pengunjung berhak mendapatkan satu kupon untuk diundi,” imbuh Fida.

Nantinya, akan dibuka Walikota Malang Sutiaji, dan dihadiri sejumlah Forkompinda, perbankan dan stakeholders. Salam kesempatan itu, PQN 2020 juga mengkampanyekan hidup sehat melawan Virus Corona, dengan melakukan gerakan Tik Tok Mencuci Tangan yang saat ini sedang happening. Serta himbauan pola hidup sehat akan diberikan langsung oleh Dinas Kesehatan (Dinkes). (rhd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *