WhatsApp Talak Gawai Jadul dan iOS 8, Begini Solusi Rujuknya

Jakarta, SERU – Bagi pemilik gawai pengguna aplikasi WhatsApp sebagai sarana komunikasi online dan medsos, jangan kaget bila tiba-tiba tak bisa menggunakan WhatsApp. Pasalnya, mulai 1 Februari 2020, WhatsApp ‘menceraikan‘ gawai jadul dan merk gawai tertentu.

WhatsApp tak bisa digunakan pada gawai yang masih menggunakan sistem operasi Android versi 2.3.7 (Gingerbrand) dan sistem operasi iOS 8 yang didesain oleh Apple Inc. “Kami tak lagi secara aktif mengembangkan layanan pada sistem operasi ini, beberapa fitur mungkin setop beroperasi sewaktu-waktu,” dilansir Facebook melalui laman WhatsApp, Kamis (30/1/2020).

Bacaan Lainnya

Pengguna kedua sistem operasi ini nantinya tak bisa melakukan verifikasi pada akun eksisting dan tak bisa lagi membuat akun baru. “Kami tidak memiliki opsi untuk mentransfer riwayat (history) chat ke platform lain. Namun, kami menyediakan opsi untuk mengekspor percakapan dalam email attachment,” imbuh Facebook.

Masih ada kesempatan sehari mengecek kembali sistem operasi gawai Anda, sebelum keputusan final membeli gawai baru. Gawai jadul versi 2.3.7 (Gingerbrand) disarankan Facebook untuk upgrade sistem operasi ke Android versi 4.0.3 (Ice Cream Sandwich) dan ke atas.

Sementara bagi pengguna iPhone sistem operasi iOS 8, yang melekat pada iPhone 3G, iPhone 3G S, iPhone 4, iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 5C, iPhone 5S, iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, bisa meng-upgrade iOS 9 dan beberapa pengguna KaiOS 2.5.1 ke atas termasuk JioPhone 2.

Untuk upgrade Operation System (OS) sangat mudah. Untuk pengguna Android, pilih Setting (Pengaturan) lalu klik About Phone (Tentang Ponsel). Akan terlihat semua informasi gawai, termasuk OS (Sistem Operasi) yang digunakan, lalu klik Update Software.

Sementara pengguna iPhone masuk ke General (Umum), lalu klik About (Mengenai). Akan disuguhkan semua informasi iPhone, termasuk versi iOS yang digunakan, lalu klik Update Software.

Selamat, Anda telah lolos dari rasa was-was! Sangat disarankan pengguna Android dan iOS untuk update OS (Sistem Operasi) secara berkala. (rhd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *