Inovasi

B-SPRAY Solusi Alami Atasi Bau Mulut

Tim B-SPRAY. (rhd)

Kota Malang, Seru.co.id

Nafas yang segar menjadi salah satu faktor deteksi kesehatan rongga mulut, sehingga mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. Sebaliknya, bau mulut yang kurang sedap dapat mempengaruhi kenyamanan dalam berkomunikasi, sehingga dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang. 

Salah satu faktor penyebab bau mulut, akibat konsumsi makanan beraroma menyengat, sehingga merangsang aktivitas bakteri di rongga mulut. Penggunaan obat kumur antiseptik merupakan solusi preventif bau mulut. Namun ada beberapa kandungan bahan kimia obat kumur di pasaran, dapat menyebabkan efek negatif, seperti rasa kering dan terbakar pada mulut. Sementara, ada beragam bahan alami yang aman digunakan sebagai formulasi obat kumur, yaitu bahan-bahan yang mengandung senyawa antibakteri. 

Menyadari hal tersebut, lima mahasiswa UB lintas fakultas, di antaranya Fidhatul Fajrika Julian (FKG/2016), Afina Muti’ah Tuhepaly (FKG/2016), Pranaya Arya Satya (FAPET/2015), Ahmad Ghozali (FAPET/2016) dan Wenning Firda Sari (FIA/2015), berhasil mengombinasikan dua bahan alami yang mengandung senyawa antibakteri, yaitu propolis dan biji pepaya, menjadi produk natural antiseptic mouth spray bernama “B-SPRAY” untuk mencegah bau mulut. 

1 2
Share:
%d bloggers like this: